Cara Menghubungkan Microsoft Outlook dengan Google Calendar

Google Calendar dan Microsoft Outlook Calendar keduanya adalah alat yang mengagumkan untuk mengatur waktu Anda dengan perencanaan. Sementara Microsoft Outlook Kalender memungkinkan Anda untuk menjadwalkan acara pada PC Anda bahkan ketika Anda sedang offline, di sisi lain, Google Calendar hanya memungkinkan bila Anda sedang online. Jika Anda menggunakan kedua Kalender, Anda mungkin merasa sedikit ribet untuk memasukkan informasi yang sama di kedua kalender satu per satu. Untungnya Google menawarkan alat penghubung (sync), yang disebut "Google Calendar Sync", yang secara otomatis menghubungkan Google Calendar dengan Outlook Calendar. Pada saat yang sama Anda dapat menentukan cara sinkronisasi serta frekuensi waktu. Sangat mudah dan bebas repot.

Mungkin Anda bertanya, kalau sudah menggunakan Microsoft Outlook Calendar buat apa lagi menggunakan Google Calendar, apa sebenarya kelebihan dari Google Calendar tersebut?

Baiklah sebelum kita ulas cara menghubungkan Micosoft Outlook dengan Google Calendar, ada baiknya saya rincikan terlebih dahulu apa keuntungan menggunakan Google Calendar. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Google Calendar:
  1. Pemberitahuan/pengingat bisa melalui SMS atau dikirim langsung ke email Anda.
  2. Kalender dapat dikaitkan dengan sistem Outlook pribadi, Personal Digital Assistant (PDA), Blackberry, Android dan perangkat mobile lainnya, termasuk beberapa ponsel.
  3. Memungkinkan untuk semua bertemu dengan para pemimpin (atau semua yang ingin) untuk memasukkan mereka bertemu secara langsung on-line dan untuk mengamandemen atau mengubah memenuhi rincian jika diperlukan. 
  4. Memenuhi dan menjadwalkan acara sosial dapat dilakukan dalam waktu yang jauh lebih singkat, membuat perencanaan dan mengamankan speaker untuk acara sosial lebih mudah 
  5. Kalender dapat dihubungkan dengan kalender pribadi dan acara dapat disalin ke dalam Kalender pribadi.
  6. Layanan ini terdapat dimana saja asalkan terkoneksi dengan internet.
Untuk menghubungkan Microsoft Outlook Calendar dengan Google Calendar tentunya Anda harus sudah menginstal Microsoft Outlook di Komputer Anda. Microsoft Outlook biasanya satu paket dengan Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan beberapa Paket Microsoft Office lainnya seperti gambar dibawah ini.


Update Oktober 2013:
Cara terbaru dari google Calendar untuk bisa menghubungkan Calendar pada microsoft Outlook dengan Google Calendar adalah dengan mengeksport file calendar dari Microsoft Outlook yaitu dengan cara:


  1. Buka Outlook
  2. Klik Calendar (lihat Gambar diatas)
  3. Klik Kanan pada Calendar yang ingin Anda Export lalu pilih Save as
  4. Pilih type format iCalendar
  5. Klik pada More Options dan pilih Date Range -> Whole calendar, Detail -> Full details
  6. Klik OK lalu Save
  7. Pada Google Kalendar, Klik tanda panah kebawah pada Kalendar Lainnya (Lihat Gambar disamping)
  8. Pilih Impor Kalendar
  9. Klik Browse dan cari file yang berisikan jadwal kegiatan lalu klik Open (Lihat gambar dibawah)
  10. Pilih nama Google Kalendar yang ingin Anda import, lalu klik Import

Baca juga beberapa artikel yang memanfaatkan google kalendar:
Gratis Sms Peringatan Website Down Menggunakan Spreadsheet Google - Terbaru !!!
SMS Gratis Pemberitahuan Contact Form Dengan Google Script - Terbaru !!!

Cara dibawah ini tidak kami hapus namun hanya sebagai Arsip saja...:

Selain itu Anda juga tentunya harus sudah mempunyai akun Gmail agar bisa mengakses Google Calendar. Terakhir yang perlu Anda Instal adalah alat penghubung antara Microsoft Outlook Calendar dengan Google Calendar yang umum disebut Google Calender Sync tool, silahkan di download disini.

Perhatikan Video Tutorial berikut:





Dengan memperhatikan video Cara Menghubungkan Micosoft Outlook dengan Google Calendar tersebut saya rasa tidak perlu lagi kami uraikan panjang lebar cara menginstal dan mensetting Microsoft Outlook atau pun Google Calendar. Namun untuk memperjelas, berikut poin-poin yang perlu diingat:

1). Download tool Google Calender Sync lalu instal (dalam proses instalasi tutuplah program Ms.Outlook). Setelah selesai instalasi, nanti akan terbuka window Google Calender Sync.

2). Pertama login dengan akun gmail Anda. Bagian kedua adalah tentang bagaimana Anda berencana untuk melakukan sinkronisasi antara Outlook dan Google Calendar. Anda mempunyai tiga opsi untuk memilihnya.




  • 2-Way. yaitu: Data mengalir dua arah. Setiap perubahan detail dalam satu kalender akan di-update di kalender lainnya juga.
  • 1-Way: Google Calendar ke Microsoft Outlook Calendar. Yaitu: Aliran informasi dari Google Calender ke kalender Outlook. Setiap perubahan dalam Ms.Outlook Kalendar tidak akan ditampilkan di Google Calender secara otomatis.
  • 1-Way: Microsoft Outlook Calendar ke Google Calendar. Yaitu: Informasi pergi dari Ms Outlook ke Google Calendar. Setiap perubahan di Google Calender tidak akan di-update ke Ms Outlook secara otomatis.
3). Berikutnya adalah mengatur sinkronisasi interval update. Minimum waktu adalah 10 menit dan defaultnya adalah 120 menit.

4). Google Calendar Sync berjalan dari sistem tray dan Anda dapat mengakses pengaturan dengan klik kanan. Misalnya, sinkronisasi manual klik kanan dan Sync.



Ketika operasi syncing diaktifkan, Anda akan melihat bahwa ikon sync akan berputar.

Demikianlah cara menghubungkan microsoft outlook dengan google calendar update Oktober 2013, Untuk settingan agar microsoft outlook calendar bisa kita hubungkan dengan sms atau blackberry akan kita ulas pada artikel berikutnya.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?