SMS Gratis Pemberitahuan Contact Form Dengan Google Script

Sepertinya saya lagi tergila-gila dengan google script sampai-sampai postingan saya sudah empat kali berturut-turut masih saja tentang google script dan google spreadsheet dimana kali ini saya Akan membahas bagaimana cara membuat SMS Gratis Pemberitahuan ke Ponsel Anda jika ada yang menghubungi Anda melalui Contact Form.

 Jika Anda telah membaca Artikel saya sebelumnya tentang SMS Gratis Peringatan ketika website Anda Down maka Anda akan lebih mudah mengikuti tahap-demi-tahap cara membuat SMS Gratis Pemberitahuan Contact Form ini.

Prinsip kerja dari SMS pemberitahuan ini adalah dengan memanfaatkan Google Calendar yang memberikan gratis sms peringatan. Contact Form yang Anda gunakan akan terkirim ke email dengan bantuan google script akan terhubung dengan Google Calendar dan nantinya memberikan peringatan Bahwa Ada pesan masuk dari Contact Form.

Contact Form yang Anda gunakan boleh menggunakan contact form darimana saja, bisa cari digoogle yang banyak memberikan contact form gratisan. Namun dalam proyek sms gratis contact form kali ini kami akan memberikan contoh contact form dengan menggunakan layanan gratis dari Google Form dan google spreadsheet. Jadi kita Akan menggabungkan empat layanan google sekaligus dan asiknya bisa kita gunakan Gratis dengan SMS Unlimited.

Baiklah untuk memulai kita membutuhkan Google Script contact form mail dan Script Send SMS Gratis,


Script Contact Form:

Script Sms pemberitahuan email:


Mari kita mulai dari membuat Contact Form Gratis dari Google Formulir, Buka google drive dan loginlah dengan akun/email Gmail Anda lalu buatlah Formulir Baru. Buat Nama Formulir sesuai dengan yang Anda inginkan, setidaknya ada tiga item didalamnya yaitu Nama, Email dan Pesan. Bisa juga ditambahkan No.HP.

Dengan membuat formulir google ini maka otomatis akan terbuat juga database dalam bentuk spreadsheet google yang mana spreadsheet inilah yang akan kita masukkan kedua script diatas untuk bisa mengaktifkan layanan email dan sms dari google.

Saat membuat Formulir Baru maka akan otomatis terbuka tema formulir yang bisa Anda pilih sesuai yang diinginkan, pilihlah sembarang tema karena nantinya kita tidak akan menggunakan tema tersebut. 

Untuk menambahkan item Nama pada formulir pilihlah tipe teks begitu juga dengan email dan Nomor HP, khusus untuk pesan pilihlah Teks Paragraf karena pesan membutuhkan lebih banyak space untuk kalimat.



Jika formulir sudah selesai maka bukalah spreadsheet google dari formulir tersebut dengan meng-klik pilih tujuan tanggapan kemudian pilih spreadsheet baru lalu klik Buat.



Masukkan Script ke google spreadsheet.

Untuk membuka spreadsheet klik Lihat Tanggapan diatas tepat dibawah menu, maka akan terbuka jendela baru berupa spreadsheet. Setelah Spreadsheet terbuka maka klik tool/Alat > Script Editor lalu buatlah script proyek baru dengan mengklik Proyek kosong, copy code pertama (contact form script) diatas lalu pastekan ke kolom script google yang baru Anda buka jangan lupa ganti menjadi email gmail Anda pada code var recipient = 'emailanda@gmail.com'; , lalu simpan, buatlah nama script apa saja, klik OK.


Agar script ini bisa bekerja maka kliklah Sumber Daya lalu klik Pemicu Proyek Saat ini, maka akan terbuka pop up berupa Current Project Trigger's lalu klik "No triggers set up. Click here to add one now." Lalu pilih ContactUsMailer > From spreadsheet > On form Submit lalu save. kemudian akan keluar popup Autorisasi, silahkan selesaikan proses Autorisasi untuk bisa mengaktifkan layanan ini.

Untuk memasukkan code yang kedua (sms gratis pemberitahuan) sama dengan cara pertama yaitu dimulai dengan proyek kosong lalu copy paste code kedua. hanya saja ada perbedaan pada Current Project Triggers yaitu klik new lalu pilih kirimsms > Time-driven > Minutes timer > Every minute lalu klik Save, kemudian Autorisasi seperti code pertama.


Sabar ya... proses ini belum selesai hehe.. perlu sedikit finishing untuk bisa menghubungkan email masuk dengan google calendar. yaitu buatlah label dengan nama "autada" (tanpa tanda petik) pada email gmail Anda dan filterlah email yang datang dari EmailAnda@gmail.com untuk masuk ke label autada. Setiap email yang berlabel Autada akan dapat pemberitahuan via sms.

Oya jangan lupa mengaktifkan layanan sms pemberitahuan yang ada di google Calendar, silahkan baca lagi artikel kami sebelumnya bagaimana caranya.

Demikianlah Trick SMS Gratis Pemberitahuan Contact Form Dengan Google Script, semoga bermanfaat.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?