Bentuk Kuadrat dan Akar Kompleks

Bentuk Kuadrat dan Akar KompleksKalian telah belajar bahwa akar dari persamaan kuadrat
ax2+bx+c=0,a0
dapat dihitung dengan menggunakan rumusx=b±D2a di mana D= b^2- 4ac adalah diskriminan dari persamaan di atas. (Sebuah akar persamaan adalah penyelesaian dari persamaan tersebut). Jika persamaan kuadrat dengan koefisien bilangan real memiliki diskriminan negatif, maka kedua penyelesaian dari persamaan tersebut merupakan dua buah konjugat kompleks (bilangan negatif di bawah tanda akar akan menghasilkan bilangan kompleks).

Perlu diperhatikan bahwa : jika c = 0, maka persamaan yang terbentuk hanya memiliki akar-akar real, sehingga hal ini tidak menarik untuk dibahas. Contoh 1. Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan :x2+9=0 Karena persamaan ini tidak lengkap, maka kita akan menyelesaikannya tanpa menggunakan rumus diskriminan. 

Selanjutnya, dengan memindahkan angka 9 ke ruas kanan persamaan dan menarik akar dari kedua ruas, maka akan diperoleh dua akar yang saling konjugat.x=±9=±19=±3iContoh 2. Carilah himpunan penyelesaian dari persamaan :x22x+10=0 Karena a= 1, b = -2, dan c = 10, maka D = 4-4 * 10 = -36. Jadi,D=6i Dengan demikian, akar-akar persamaan yang dicari adalah :x1=2+6i2=1+3i, x2=13i. Contoh 3. 

Carilah himpunan penyelesaian dari persamaan :x+4x=3 Pertama-tama, kita harus mengubah persamaan di atas ke dalam bentuk umum : x23x+4=0 Selanjutnya, kita akan menyelesaikannya, seperti dalam contoh # 2, yaitu dengan menggunakan rumus diskriminan. D=7,D=i7. Dengan demikian, x=3±i72

Itulah artikel Bentuk Kuadrat dan Akar Kompleks. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?