Komponen Ekosistem dan Pengertiannya

Komponen Ekosistem dan Pengertiannya - Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya/anatar lingkungan biotik dan abiotik.. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.

Komponen ekosistem terdiri atas:


a. Komponen Biotik terdiri dari:


Produsen adalah organisme yang dapat menghasilkan makanan dan penyedia makanan untuk makhluk hidup yang lain. Kelompok ini biasa disebut autotrof. Yang termasuk ke dalam kelompok produsen adalah tumbuh-tumbuhan yang berhijau daun (klorofil)

Konsumen adalah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri dan bergantung pada organisme lain dalam hal makanan. Kelompok ini hanya memanfaatkan hasil yang disediakan oleh produsen. Konsumen disebut heterotrofik.

Pengurai/decomposer adalah organisme yang menguraikan sisa-sisa atau makhluk hidup yang telah mati. Contoh pengurai adalah jamur dan bakteri. Hasil penguraiannya berupa mineral-mineral dan air yang kembali ke tanah, serta gas-gas yang terlepas kembali ke atmosfer.

b. Komponen Abiotik terdiri dari:


Cahaya matahari, merupakan energy utama bagi kehidupan. Pada tumbuhan, sinar matahari berguna untuk proses fotosintesis.

Tanah, berfungsi sebagai tempat tinggal makhluk hidup dan menyediakan unsure-unsur yang diperlukan untuk kehidupan tumbuhan.
Air, merupakan sumber utama kehidupan
Udara,
Suhu
Kelembaban

Contoh ekosistem dapat dibedakan sebagai berikut :

Ekosistem perairan, terdiri dari kolam, telaga, rawa, sungai dan laut
Ekosistem darat, terdiri dari hutan pegunungan, padang rumput, gurun pasir
Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Individu Individu adalah satu makhluk hidup, misalnya seekor semut, seekor burung dan sebuah pohon.

Populasi Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang dapat berkembangbiak serta berada pada tempat yang sama dan dalam kurun waktu yang sama. Contoh populasi adalah sekelompok semut di atas meja.

Komunitas Komunitas adalah kumpulan beberapa macam populasi yang menempati daerah yang sama pada waktu yang sama, contohnya komunitas hutan jati, padang rumput dan hutan pinus.
Bioma Bioma adalah suatu ekosistem darat yang khas dan luas cakupannya. Contoh : Bioma gurun, Bioma Hutan hujan tropis, dan Bioma tundra

Berikut adalah contoh interaksi unsur-unsur lingkungan:


Pengaruh komponen fisik terhadap komponen biologi, contohnya: a) kondisi iklim memengaruhi persebaran vegetasi, b) hasil karya manusia sebagai lingkungan budaya dipengaruhi oleh lingkungan fisik, contoh membuat terasering pada lahan-lahan miring, menanami tanaman yang sesuai dengan kondisi tanah.

lingkungan hidup
Pengaruh komponen biologi terhadap komponen fisik, contoh nya: a) keberadaan cacing dalam tanah membuat kondisi tanah menjadi gembur dan subur, b) penghijauan menyebabkan tanah tandus menjadi baik serta menyuplai oksigen daerah sekitar.

Pengaruh sumber daya manusia terhadap komponen fisik dan biologi, contohnya: a) manusia melakukan berbagai konservasi tanah dan air, b) manusia mengupayakan kelestarian flora dan fauna.

Itulah artikel Komponen Ekosistem dan Pengertiannya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?