Membuat Kwitansi Otomatis Tanggal dan Dengan Huruf Pada Microsof Excel

Pada artikel sebelumnya telah kami uraikan tentang cara membuat fungsi terbilang pada google spreadsheet yang digunakan pada kwitansi online lengkap dengan contoh spreadsheet google yang bisa Anda download menjadi file excel yang bisa Anda gunakan untuk mempraktekkan cara Membuat Kwitansi Otomatis Tanggal dan Dengan Huruf Pada Microsof Excel ini.

Membuat Tanggal Otomatis Update

Dalam kwitasi tentu dibutuhkan tanggal untuk mengetahui kapan transaksi dilakukan, Sebenarnya penulisan tanggal pada microsoft excel sangatlah mudah, cukup dengan ketik Shift + ; maka otomatis akan muncul tanggal hari ini di cell yang aktif sekarang namun untuk lebih mempermudah pembuatan tanggal agar tidak diketik berulang-ulang maka masukkan saja fungsi "today( )" pada cell penempatan tanggal, jika Anda ingin lebih lengkap dengan waktu jam dan menit serta detik pembuatan kwitansi maka gunakan fungsi "now( )" pada cell penulisan tanggal.

Tanggal Otomatis Kwitansi Excel


copy spreadsheet googleUntuk mempermudah langsung praktek silahkan download terlebih dahulu contoh kwitansi dari spreadsheet google yang terdahulu, klik disini. Anda harus login di google untuk bisa mengcopy spreadsheet tersebut kemudian spreadsheet tersebut bisa Anda download dalam bentuk microsoft Excel.

Setelah Anda Download silahkan buka dan uji coba membuat rumus fungsi today atau fungsi now. Kadang kala format tanggal pada cell mengikuti format tanggal luar negeri seperti Tanggal 28 September 2013 tapi terlihat di cell excel tersebut tertulis 09/28/2013 sehingga tidak sesuai dengan tradisi Indonesia, untuk mengubah format tanggal terseubut bisa dengan klik kanan pada cell tanggal lalu pilih Format cells, Pada tab Number pilih date lalu klik format 14 Maret 2013 lalu Ok. Mengubah format tanggal tersebut bisa juga dengan menambahkan rumus text( ) pada fungsi tanggal dengan format =TEXT(TODAY( );"dd mmmm yyyy").

Angka Dengan Huruf (Terbilang) Kwitansi

Microsoft excel seperti telah diuraikan pada artikel sebelumnya tidak menyediakan fungsi dengan huruf atau terbilang yang biasa digunakan pada format kwitansi, sehingga perlu dilakukan penambahan sendiri oleh pengguna excel dengan memanfaatkan Microsoft Visual Basic pada Excel.

tambah fungsi terbilang vb excel

Silahkan buka file Contoh Kwetansi.xlsx yang telah Anda download lalu buka Microsoft Visual Basic file tersebut dengan menekan Alt + F11, setelah windows VB terbuka klik kanan pada Microsoft Excel Object > Insert > Module. Lalu masukkan code dibawah ini:

Lalu klik Save.

Fungsi DENGANHURUF( ) kadang memerlukan otorisasi software microsft excel dengan Memilih Enable All Macros yang bisa Anda temukan dari Excel Options > Trust Center > Trust Center Setting... > Macro Setting > Enable all macros (not recomended; potentially dangerous code can run) lalu klik OK. Perhatikan gambar dibawah ini:


Untuk mulai menggunakan fungsi dengan huruf ini cukup menambahkan =denganhuruf(M23) pada cell yang ingin di buat angka dengan huruf. Anda bisa mengubah M23 dengan cell yang sesuai dengan di file excel Anda. lihat gambar dibawah ini hasil dari contoh kwitansi yang telah didownload.


Demikianlah Membuat Kwitansi Otomatis Tanggal dan Dengan Huruf Pada Microsof Excel, semoga bermanfaat.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?