Gratis Sms Peringatan Website Down Menggunakan Spreadsheet Google

SMS gratis bisa kita dapatkan dari google calendar sebagai pengingat atas jadwal yang telah kita buat atau undangan teman yang terkirim langsung ke nomor hp kita, dengan memanfaatkan layanan sms gratis dari google inilah kita sedikit membuat lebih kreatif dengan menghubungkan saat-saat website kita down yang diberitahu langsung via sms.

Untuk dapat menghubungkan sms gratis dari google calendar dengan website yang ingin kita monitor diperlukan google spreadsheet yang di tambahkan beberapa script apps google didalamnya, memang kedengarannya agar sedikit rumit, namun jika Anda baca lebih lanjut proses ini sangatlah mudah.

1. Aktivasi layanan SMS google Calendar

Untuk mengaktifkan layanan sms pengingat dari google calendar silahkan login ke gmail Anda kemudian buka google calendar dengan link : https://www.google.com/calendar/render , klik logo gear pada sudut kanan halaman calendar google (lihat gambar dibawah) lalu pilih Setelan. Kemudian Klik Persiapan Seluler lalu isikan nomor hp anda lalu klik kirim kode verifikasi, maka akan terkirim kode verifikasi berupa sms ke hp Anda silahkan buka dan masukkan kode berupa angka ke dalam kolom yang tersedia di halaman google calendar. lalu klik tombol Akhiri persiapan. kemudian klik Simpan.

Dengan diaktifkannya layanan sms pengingat calendar google ini maka proses di google calendar sudah selesai, selanjutnya kita akan sedikit mengoprek code pada google script di spreadsheet google.

2. Code Google Script pada Google Spreadsheet

Untuk dapat menghubungkan sms peringatan dan website Anda maka perlu dibuat spreadsheet google dengan modifikasi google script. Silahkan buat sebuah spreadsheet google kemudian isikan seperti gambar spreadsheet dibawah ini:

Silahkan ganti modifikasi ulr website dengan website Anda.

Modifikasi script-nya melalui script editor dan masukkan code dibawah ini:
 
Untuk mempermudah Anda dalam membuat spreadsheet dan scritps google maka silahkan langsung copy spreadsheet yang telah saya gunakan dengan membuka link berikut: http://goo.gl/Anzb2r

Jangan lupa otorisasi script pada Scripts Editor pilih Run lalu klik isMySiteDown lalu klik Autorization, setelah terbuka windows "request for permission" yang berisikan info apa saja yg akan di akses oleh script ini lalu klik Accept. lihat gambar berikut:


Demikianlah Cara membuat SMS peringatan ketika website Anda down menggunakan spreadsheet google. Semoga bermanfaat.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?