Ini 9 Tips Cara Menyederhanakan Hidup

Kebanyakan kehidupan modern ini semakin rumit dan sibuk saja bisa dikarenakan sibuk dengan internet, televisi, belanja, pekerjaan, adat-istiadat, harta, makan, hutang ... hal-hal ini menumpuk di atas satu sama lain tanpa henti.

Ini adalah kebiasaan yang kurang baik, karena kita mempunya kapasitas terbatas dalam keseharian, dan begitu juga kita sebagai manusia. Kita tidak bisa melakukan begitu banyak hal, atau menangani tugas-tugas begitu banyak dan harta benda dan komitmen sosial, kita tidak bisa melakukan itu semua.

Dibutuhkan sedikit usaha sadar untuk menyederhanakan hidup, tapi itu salah satu hal terbesar yang pernah saya belajar untuk melakukan.

Sederhanakan segalanya sepertinya kedengaran agak kasar namun pelaksanaannya sebenarnya cukup mudah, dan mengarah ke kehidupan yang tenang, indah penuh ruang, dengan hanya hal-hal di dalamnya yang penting bagi saya: keluarga saya, tulisan saya, dengan beberapa bacaa.

Jadi bagaimana Anda menyederhanakan hidup? Sesederhana mungkin.

Berikut ini 9 Tips Cara Menyederhanakan Hidup:
  1. Putuskan Koneksi Internet Sesaat. Internet memang luar biasa, tetapi jika selalu online berarti Anda selalu menarik dalam seribu arah sekaligus. Sulit untuk fokus, sulit untuk berhubungan dengan orang lain, sulit untuk keluar ke alam terbuka dan menjadi aktif. Jadi jadwalkan waktu Anda setiap hari untuk offline: mungkin bagian di pagi hari di mana Anda mendapatkan pekerjaan Anda paling baik dilakukan, dan satu bagian di sore hari ketika Anda keluar dan aktif, atau berhubungan dengan teman atau keluarga Anda.
  2. Mulai menghilangkan komitmen. Daftar komitmen Anda, dan pilih salah satu untuk menghilangkan hari ini. Ini masalah sederhana untuk membuat panggilan atau mengirim email yang menjelaskan bahwa Anda tidak dapat melakukan komitmen. Percayalah, mereka akan menemukan cara untuk hidup tanpa Anda. Anda akan mulai membebaskan waktu untuk apa yang lebih penting bagi Anda.
  3. Mulai membersihkan barang-barang bekas. Setiap hari, temukan 5 hal untuk disumbangkan atau diberi ke teman. Atau membersihkan sebuah rak atau meja, hanya menyisakan hal yang benar-benar Anda gunakan, singkirkan sisanya. Perlahan harta benda Anda akan disederhanakan untuk hanya yang penting saja.
  4. Kurangi belanja selama 30 hari. Anda dapat melakukan hal ini. Jangan membeli apa pun kecuali hal-hal penting (makanan, perlengkapan mandi, perlengkapan dasar). Jika Anda berpikir Anda benar-benar membutuhkannya, temmpatkanlah pada list untuk dievaluasi setelah 30 hari.
  5. Cuci piring sendiri. Setelah selesai makan, mencuci piring sendiri dengan penuh kesadaran. Setelah selesai dengan apa saja, biasakan selesaikan suatu hal sebelum pindah ke hal berikutnya, dan langsung dibersihkan sendiri setelah selesai. Masukan makanan Anda sebelum pergi. Taruh baju Anda di mana mereka berada. Masukan kunci Anda di satu tempat. Bersihkan bak cuci sebelum Anda meninggalkannya. Kebiasaan sederhana akan membuat Anda tetap sadar, sementara menghemat banyak pembersihan nanti.
  6. Jadwalkan waktu untuk hal yang penting. Apa yang paling penting bagi Anda? pasangan Anda atau anak-anak? Mengarang? Membaca novel? Memasak, berkebun, Melukis, pertukangan? jadwalkanlah untuk waktu-waktu tersebut.
  7. Sesekali Keluar Rumah. Terlalu sering kita terjebak di meja atau di sofa. cobalah keluar, berjalan-jalan, menikmati udara segar dan sinar matahari. Pergi untuk mendaki atau lari dengan seorang teman. Memainkan beberapa olahraga. Berlari-lari dan bermain dengan anak-anak Anda. Kegiatan sederhana ini akan mengubah hidup Anda.
  8. Makan Sayuran. Pelajari beberapa resep sederhana yang menggabungkan makanan Sehat yang Anda mungkin tidak makan: kangkung, bayam, brokoli, quinoa, buah, biji rami, kacang, alpukat, kacang hitam, labu, kacang almond mentah dan kenari, bawang putih, kunyit, cabe merah, kayu manis. Tanaman ini sederhana akan membuat Anda kuat seperti lembu.
  9. Minum teh. Teh hijau diseduh dari daun teh segar yang relatif menenangkan, sehat, dan indah. Sebuah ritual teh sehari-hari membuat Anda tetap membumi dan sadar.
Demikianlah 9 tips cara menyederhanakan hidup, semoga bermanfaat. Mungkin Anda tertarik membaca artikel tentang akhlakul karimah.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?