Obat Stress Secara Islami

Stress biasanya disebabkan terlalu banyak masalah dan banyak hal yang dipikirkan yang tidak menemukan solusi sehingga terjadi kepenatan yang memuncak kepada stress. Stress bisa juga karena terlalu banyak tugas kuliah yang harus dikerjakan, atau terlalu banyak hutang yang harus dibayar dalam waktu singkat atau masalah-masalah lain yang membebani pikiran kita.Gejala orang yang stress biasanya sering migren, susah tidur, asam lambung naik sehingga kena maag, susah untuk bisa fokus, cepat marah/sensitif bahkan pada stress yang sudah akut mencoba untuk bunuh diri. Jika Anda pernah mengalami gejala diatas maka teruslah membaca artikel ini hingga tuntas, semoga nanti Anda menemukan Solusinya.

Islam merupakan solusi bagi seluruh sendi kehidupan muslim, tidak terlepas dari orang yang stress. Orang yang stress menurut islam adalah karena kurangnya melibatkan Tuhan dalam sendi kehidupannya, hati selalu gundah gelanah, terkadang tidak ada masalah pun bisa stress jika tidak mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan Islam, Didalam islam ada beberapa obat stress yang sangat bagus jika konsisten dikerjakan, Berikut ini Obat Stess Secara Islami:

1. Berzikir
Didalam Alquran banyak sekali ayat yang menerangkan tentang berzikir, dengan berzikir hati akan tentram, jika hati sudah tentram maka stress pun hilang. Allah berfirman yang Artinya: "Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram" (QS. Ar-Ra'd). 

2. Berdoa
Berdoa merupakan salah satu cara manusia berdialog langsung dengan Sang Pencipta. Dengan berdoa kita akan merasa tidak berdaya, hanya Allah yang menolong segala was-was kita sehingga stess pun hilang. Berdoalah apa saja untuk menenangkan hati. Berikut ini doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW:
اَللَّهُمَّ إِنِّى عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ ، مَاضٍ فِي حُكْمِكَ، عَدْلٌ فِي قَضَاءِكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اِسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجَلاَءَ حُزْنِي وَذِهَابَ هَمِّي

Ya Allah, aku adalah hamba-Mu putera hamba-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, berlalu hukum-Mu dan adil ketentuan-Mu. Aku memohon pada-Mu dengan semua nama yang Kau namakan pada diri-Mu atau yang Kau turunkan dalam kitab-Mu atau yang kau ajarkan pada salah seorang dari makhluk-Mu atau yang Kau berikan pengaruhnya pada ilmu ghaib di sisi-Mu, jadikan Al-Qur’an keindahan kalbuku, cahaya hatiku, penyembuh dukaku dan penghapus deritaku. (Makarimul Akhlaq: 351)

3. Silaturahmi
Dengan Silaturahmi kita akan mungkin hanya ngobrol saja kepada orang lain tentang perjalanan hidup kita, namun dengan begitu sedikit banyaknya akan lepas beberapa kepenatan yang selama ini terganjal didalam benak kita, selain itu silaturahmi juga sangat diajurkan secara islami agar murah rezeki dan panjang umur.

4. Sedekah
Bersedekah bukan harus kaya dulu, namun orang yang punya banyak hutangpun sangat di anjurkan bersedekah agar hutangnya segera terlunasi, sedekah dalam islam bisa menolak bala dan mendatangkan rezeki. didalam hadits dikatakan bahwa setiap sedekah yang kita keluarkan akan dibalas Allah minimal 10 kali sampai 700 kali.

5. Berprasangka Baik
Berprasangka baik atau berpikiran positif bisa menghilangkan stress dengan cepat, karena Allah sesuai dengan prasangka hambanya.

6. Selalu menjaga Shalat Fardu Berjamaah
Kesibukan sehari-hari sering melaikan kita akan kewajiban kepada Allah, Allah telah menetapkan shalat 5 waktu, untuk memberikan waktu jeda agar tetap mengingat Allah melalui ibadah Sholat fardu.

Demikianlah obat stress secara islami, baca juga artikel kami tentang Sukses Dalam 40 Hari Ala Yusuf Mansur.
Tag : Attitude, Islam
0 Komentar untuk "Obat Stress Secara Islami"

Back To Top