Sejarah Singkat Garuda Air dan Tips Terbang dengan Garuda Air

Pesawat pertama Garuda Indonesia merupakan kebanggaan orang Aceh karena pesawat pertama garuda air ini di sumbang oleh masyarakat Aceh, dimana masyarakat Aceh mengumpulkan emas yang mereka miliki untuk membeli pesawat RI-001 dengan type: Douglas DC-3 Dakota yang diberi nama selawah. Yang selanjutnya dinamakan oleh presiden Soekarna dengan nama Garuda. Saat ini garuda air RI-001 tersebut sudah dimesiumkan di lapangan Blang Padang - Banda Aceh.
Garuda Indonesia Pertama Sumbangan Masyarakat Aceh
Gambar: Nafis dibawah pesawat garuda air pertama di lapangan Blang Padang Banda Aceh

Dalam masa pertumbuhannya hingga sekarang garuda air banyak sekali menerpa ujian dan cobaan, mulai dari banyaknya pesawat yang jatuh hingga larangan terbang oleh uni eropa, namun dengan berbagai ujian tersebut  garuda airways menjadi lebih bangkit dan berjuang keras mengejar ketinggalannya dari maskapai internasional lainnya. 

Pada tahun 2009 setelah uni eropa mencabut larangan terbangnya, garuda indonesia melakukan lompatan kuantum dengan meningkatkan layanan, konsep dan fasilitas garuda, mulai dari mengganti seragam staf hingga menambah armada pesawat hingga dua kali lipat dari sebelumnya. Konsep terbaru garuda air dinamakan Garuda Indonesia Experience.

Garuda Indonesia Airline kini telah terbang melayani hampir setiap kota di Indonesia dan manca negara seperti singapura, malaysia, thailand, china, jepang, amerika, autralia dan lain sebagainya. Garuda Air juga resmi sebagai pesawat pengangkut calon jemaah haji ke Arab Saudi - Mekkah - Jeddah. Pada tahun 2012 ini jumlah kloter jemaah haji lebih 500 kloter atau kelompok terbang dari seluruh indonesia. Untuk wilayah Aceh jumlah kloter jemaah haji 2012 sebanyak 12 kloter.

Garuda Air sekarang menjadi pesawat yang mempunyai gengsi tersendiri bagi penumpangnya, selain alasan keselamatan dan keamanan, sehingga tidak salah jika garuda menjadi pesawat populer dan harga tiket garuda juga tergolong lebih mahal dibandingkan dengan maskapai penerbangan lain. Namun dengan semakin banyaknya maskapai penerbangan domestik dan internasional membuat garuda air harus pintar-pintar bersaing dengan selalu melakukan promo tiket murah garuda air melalui websitenya. 

Bagi Anda yang ingin terbang bersama Garuda Airlines berikut kami berikan tips dan panduan lengkap dan singkat agar Anda merasa nyaman terbang bersama garuda air.

  1. Garuda Indonesia memberikan Gratis Bagasi 20 kg sehingga jika lebih Anda harus membayar disaat melakukan cek in.
  2. Bagi Wanita hamil terbang bersama garuda sangatlah ketat, jika Anda adalah wanita dengan umur kandungan diatas 8 bulan sebaiknya datangi kantor garuda terdekat untuk mengisi formulir kesehatan yang ditanda tangani oleh dokter kandungan. formulir tersebut akan difax ke pusat untuk di validasi oleh dokter spesialis garuda air. Namun jika umur kandungan Anda dibawah 8 bulan, cukup dengan membawa surat dokter yang menyatakan kandungan Anda sehat disaat Anda melakukan chek in.
  3. Untuk mempermudah perjalanan Anda, garuda menyediakan layanan city chek in dikantor garuda 1-2 hari sebelum keberangkatan.
  4. Jika Anda melakukan chek in di bandara sebaiknya Anda telah ada di bandara 2 jam sebelum keberangkatan domestik atau 3 jam sebelum keberangkatan internasional. 
  5. Jangan membawa benda tajam kedalam kabin pesawat, jika Anda pindah rumah dan mengharuskan Anda membawa serta peralatan dapur seperti pisau dapur silahkan masukkan kedalam tas yang masuk kedalam bagasi pesawat, atau gunakan kargo garuda jika barang Anda banyak.
  6. Jika Pesawat Anda transit (singgah untuk ganti pesawat) pastikan disaat chek in Anda telah melapor bahwa Anda akan langsung ke tujuan Anda agar bagasi yang Ada didalam pesawat ikut dipindahkan oleh operator garuda disaat transit.
  7. Jika Ada masalah dengan tiket dan penerbangan Anda silahkan kunjungi kantor garuda terdekat atau hubungi call center garuda indonesia airways.

Demikianlah Tips Penerbangan Dengan Garuda Air | Panduan Garuda Air!, semoga bermanfaat.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?