Dua Cara Membuat Daftar Isi di Word - Setiap tulisan berupa makalah, proposal ataupun skripsi tidak terlepas dengan membuat daftar isi, bagi pemula membuat daftar isi merupakan hal yang rumit, namun jika tau selahnya sebenarnya membuat daftar isi ini sangatlah mudah. Autada memberikan solusi bagi Anda bagaimana cara membuat daftar isi di word dengan sangat mudah, baik secara otomatis maupun secara manual.

1. Membuat Daftar Isi Cara Manual
Cara manual merupakan cara yang paling sering digunakan, karena biasanya skripsi ataupun proposal dipisah antara bab yang satu dengan bab yang lain sehingga membuat daftar isi cara otomatis tidak bisa diterapkan pada proposal ataupun skripsi.
  • Ketiklah terlebih dahulu daftar isi beserta halaman di akhir judul, setelah selesai semua kemudian blok semua lalu klik kanan pada lembar kerja, pilih Paragraph.
  • Pilih Tabs.
  • Dibutuhkan tiga kali Anda harus mengisi angka pada "Tab stop position" 
  1. isikan 2 (artinya 2 cm dari margin kiri) Pada bagian leader pilih 2,lalu klik set;
  2. isikan 13,7 lalu Pada bagian leader pilih 2 (titik-titik), lalu klik set;
  3. isikan 14,5 pada bagian Alignment pilih Right, pada bagian Leader pilih 1 (None), lalu klik set, kemudian klik OK
  • Tempatkan krusor ketikan diantara akhir judul dan sebelum nomor halaman, lalu tekan Tab pada keyboard Anda sebanyak 2x

2. Membuat Daftar Isi Cara Otomatis
Cara membuat daftar isi otomatis ini memang cara cepat membuat daftar isi, namun jarang orang menggunakannnya, namun untuk menambah wawasan kita, sebaiknya kita ulas juga dengan singkat.
  • tuliskanlah judul “DAFTAR ISI” pada halaman atas, maka selanjutnya klik option “heading 1″ pada menu Home.

  • lalu beralih ke menu References, dan klik “Table Of Contents” (terletak paling kiri pada deretan submenu). Pada submenu itu disediakan pilihan, misalkan kita pilih salah satunya  yaitu “manual table”, langsung saja klik.

  • Kemudian, Anda tinggal meng-edit secara manual sesuai dengan keinginan Anda, baik huruf maupun nomornya. Contoh yang telah jadi bisa dilihat pada gambar dibawah
Demikianlah Dua Cara Membuat Daftar Isi di Word, somoga bermanfaat.

Poskan Komentar

  1. makasih, sebelumnya saya sangat kesulitan. di karenakan memori otak yang tdk dapat mnyimpan infomarsi dari guru sewaktu saya kelas 1 sma. :D

    BalasHapus
  2. aku masih bingung ?

    BalasHapus
  3. Makasih Banyak Gan :D
    Membantu ane banget hehehe

    BalasHapus
  4. kunjungi juga ya gan :)
    http://kampussantri.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. maksh mas... sangat membantu dalam penyusunan skripsi saya

    BalasHapus
  6. ini yang di cari dari tadi. thanks...

    BalasHapus

 
Top