Cara Print Power Point 2, 4, 6, 9 Halaman Per Lembar - Halaman atau Slide Powerpoint biasanya digunakan untuk persentasi, namun tidak jarang pengguna ngeprint file power pointnya untuk mempermudah audiens mengingat kembali apa yang dijelaskan disaat persentasi. Ngeprint power point di kertas A4 perlu teknik tersendiri agar bisa menghemat kertas dan tinta karena biasanya power point ukuran hurufnya besar-besar jika diprint dengan 1 slide per halaman maka akan menyebabkan pemborosan. Jadi untuk menghemat baik tinta maupun kertas lebih baik ngeprint powerpoint dengan 2 atau 4 slide per lembar, atau jika hurufnya masih terlalu besar lebih baik ngeprint 6 atau 9 slide per lembar.

Menurut pengalaman Autada sebagai tempat ngeprint murah di Banda Aceh, para pelanggan kami berikan pilihan dua cara ngeprint powerpoint beberapa slide per lembar, yang pertama mengatur langsung jumlah slide saat hendak ngeprint di windows print dan yang kedua dengan mengatur Page Layout Printing pada bagian Print Properties. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita uraikan satu persatu caranya dan kelebihan masing-masing.

1. Ngeprint powerpoint langsung
Cara ini memang paling banyak digunakan untuk ngeprint power point jadi beberapa slide per lembarnya, berikut caranya: Saat Anda Print di windows print pada Print what: pilih Handouts agar satu lembar bisa beberapa slide kemudian pada kolom Handouts pilih jumlah slide yang Anda inginkan pada Slides per page, kemudian klik OK.
ngeprint powerpoint langsung
Gambar 1. ngeprint powerpoint langsung

Namun ada sedikit kelemahan dari ngeprint dengan cara biasa ini yaitu terlalu banyak ruang pada kertas print yang kosong karena jarak masing-masing slide di lembaran print tersebut berjauhan.
hasil ngeprint powerpoint langsung 6 slides per page
Gambar 2. hasil ngeprint powerpoint langsung 6 slides per page
2. Ngeprint dengan mengatur Page Layout printing
Ngeprint cara ini merupakan alternatif yang baik bagi para mahasiswa yang ingin ngeprint literatur dari dosen untuk sekedar menjadi bahan bacaan, karena cara ini lebih menghemat kertas dan ukuran slide yang muncul di kertas juga cukup besar jika dibandingkan cara yang biasa. Cara ini hampir sama dengan Cara Print Word Bagi 2, 4, 6 atau 9 Halaman namun bedanya hanya kali ini kita print di power point.

print power point dengan page layout print dengan Printer Canon
Gambar 3. print power point dengan page layout print dengan Printer Canon
Jika Anda menggunakan printer canon silahkan pilih Properties-nya lalu buka Page Setup, pada kolom Page Layout pilih Page Layout Printing lalu klik Specify, akan muncul pilihan berapa jumlah halaman setiap lembarnya maka pilihlah sesuai kebutuhan Anda seperti 2 page, 4 page, 6 page 9 page atau 12 page,  kemudian pilih Page Border sebagai pemisah antara slide satu dengan yang lainnya lalu klik OK. Sebelu ngeprint pastikan Anda print hanya Slides saja (bukan handouts)
print hanya Slides saja (bukan handouts)
Gambar 4. print hanya Slides saja (bukan handouts)
Untuk printer broteher mempunyai tampilan sedikit berbeda dengan printer canon. Setelah kita pilih Properties maka akan muncul windows properties, pada tab Basic lihat Page Layout pada bagian bawah, anda bisa pilih 2 in 1, 4 in 1 atau 9 in 1, tergantung berapa slide yang Anda butuhkan setiap lembar kertas yang akan diprint, jangan lupa pilih Border Line dengan garis atau garis putus-putus sebagai pemisah slide yang satu dengan yang lain.

print power point dengan page layout print dengan Printer Brother
Gambar 5. print power point dengan page layout print dengan Printer Brother

Berikut contoh hasil print 9 slide per page melalui printer brother:
Contoh print powerpoint 9 slide per page
Gambar 6. Contoh print powerpoint 9 slide per page

Demikianlah Cara Print Power Point 2, 4, 6, 9 Halaman Per Lembar, semoga bermanfaat.

Poskan Komentar

  1. Terima kasih....
    blog ini sangat membantu saya.....

    BalasHapus
  2. Arigatou mas bro.. :))
    telah membantu saya buat ngprint di P. Point.. :d

    BalasHapus

 
Top