2 Cara Membuat Url Posting Blogger/Blogspot yang SEO

Membuat blog terlihat bagus dimata search engine (SEO) merupakan modal utama penghasil traffic yang tiada habis-habisnya, salah satu cara membuat blog menjadi SEO adalah dengan membuat url postingan yang rapi, alami dan memuat kata kunci yang utuh.

Pada dasarnya url dari blogger mempunyai kelemahan tersendiri, selain url terbentuk sesuai dengan judul pertama kali, url blog tersebut juga terbatas hanya 4-7 kata tergantung panjang kata (total 35 karakter) yang terakhir kekurangannya adalah url tersebut tidak bisa di edit jika sudah terlanjur diposting. Namun baru-baru ini blogger telah memberikan pilihan permalink berupa otomatis permalink dan custom permalink. dengan adanya custom permalink ini menjawab semua kelemahan-kelemahan yang diatas. Namun demikian url postingan harus tetap terlihat alami dan SEO dengan memanfaatkan custom permalink tersebut. Ada dua cara membuat url postingan agar terlihat bagus dimata SE dan indah juga dipandang oleh Pembaca.

1. Url dengan Keyword Utama
2. Url dengan full judul

Mari kita ulas satu persatu cara membuat url posting blogger agar SEO:

1. URL dengan Keyword Utama
Setiap postingan milikilah keyword utama yang mewakili isi dari seluruh konten blog kita, keyword utama biasanya terdiri dari gabungan dua atau tiga kata yang memberikan makna tunggal, dengan kata kunci utama inilah Anda membuat url dari postingan Anda.
Misalnya:
Judul Artikel: Rumus Microsoft Excel Paling Umum Digunakan
Url: http://cara.autada.com/2012/10/rumus-excel.html

Perhatikan perbedaan Judul dengan url contoh diatas, judul artikel begitu panjangnya namun url hanya mengandung keyword utama.
URL dengan Kata Kunci Utama
Gambar 1. URL dengan Kata Kunci Utama
Untuk membuat Url dengan keyword utama silahkan ikuti langkah berikut:
  • Buat artikel baru dengan judul yang menarik dan memuat kata kunci utama
  • Gunakan custum permalink yang ada di samping kanan post editor untuk mengubah url menjadi singkat yang hanya mengandung kata kunci utama.
  • Pisahkan antara kata dengan kata lain dengan karakter minus ( – ) agar url terlihat lebih alami.
  • Klik done.

2. Url dengan Full Judul
Juga dengan memanfaatkan custum permalink, kita membuat url yang panjang sesuai dengan judul, perhatikan contoh postingan berikut ini:
Judul Artikel: Cara Membuat Posisi Nomor Halaman Pertama dibawah dan Halaman Lainnya Diatas Dengan Word 2007
Url: http://cara.autada.com/2012/10/cara-membuat-posisi-nomor-halaman-pertama-dibawah-dan-halaman-lainnya-diatas-dengan-word-2007.html
Url Judul yang Utuh
Gambar 2. Url Judul yang Utuh

Cara membuatnya sama dengan cara diatas hanya saja permalinknya lebih panjang karena semua kata yang terdapat di judul ditempatkan sebagai permalink.

Cara terbaik dari kedua cara diatas ialah dengan cara yang pertama yaitu Url dengan hanya Keyword Utama saja, karena SE lebih gampang menganalisa inti dari artikel kita sebenarnya dan linknya gampang di ingat.

Demikianlah 2 Cara Membuat Url Posting Blogger/Blogspot yang SEO, semoga bermanfaat.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?