Cara Membuat Penomoran Pada Skripsi Word 2007

Apakah Anda pernah mengalami kesalahan penomoran sehingga harus ngeprint skirpsi berulang kali? Ya saya pernah mengalaminya, Membuat Penomoran Pada Skripsi memang sedikit berbeda dengan makalah atau tugas lainnya, dimana penomoran skripsi nomor pada halaman pertama atau pada masing-masing Bab berbeda dengan nomor pada halaman yang lain.

Kalau dulu membuat penomoran pada ms.word 97 hingga 2003 masih susah, apalagi jika file skripsi dari bab 1 hingga bab terakhir digabung jadi satu file, namun dengan ms.word 2007 ini akan semakin mudah. Mari kita ikuti tahap-tahap mudah membuat penomoran pada skripsi:

1. Gabungkan semua file skripsi Anda mulai dari Cover, Daftar Isi, Kata Pengantar, Lembar Pengesahan, Bab I hingga daftar pustaka dan lampiran.

2. Berikan nomor halaman dengan cara klik Insert kemudian Page Number lalu pilih Bottom of Page. Letak nomor halaman bebas.




3. Supaya halaman cover tidak memiliki nomor, klik pada halaman kedua (halaman yg nantinya bernomor) paling kiri atas.


Kemudian, klik Page Layout lalu temukan tombol Breaks pada group Page Setup lalu pilih Next Page, sehingga file tersebut sudah menjadi dua bagian dalam satu file.


Kemudian Double klik pada footer halaman kedua, maka akan muncul menu Design pada Ribbon Atas lalu klik button Link to Previous untuk me-non aktifkan Link to Previous.

Setelah tahap itu selesai maka Anda sudah bisa menghapus nomor pada halaman cover tanpa mengganggu penomoran halaman yang lain dengan doble klik pada footer halaman pertama (cover) lalu hapus secara manual dengan cara delete.

4.  Selanjutnya membuat halaman kedua biasanya kata pengantar dan daftar isi dengan format angka romawi (i, ii, iii...). Klik pada halaman kedua, lalu klik Insert kemudian Page Number lalu pilih Format Page Number. Perhatikan gambar dibawah ini:



Dengan demikian, mulai dari halaman kedua hingga akhir akan mempunyai nomor halaman i, ii, iii, dst.

5. Selanjutnya kita mulai membuat format halaman untuk BAB I atau isi dengan penomoran yang biasa yaitu 1, 2, 3 ...
Klik pada BAB I, lalu lakukan langkah yang sama dengan POINT 3 hingga POINT 4 di atas namun tidak perlu ada proses hapus. Kita telah membuat 3 Section Break pada satu dokumen.

Untuk mengubah format halamannya menjadi angka biasa, lihat gambar berikut.





Demikianlah Cara Membuat Penomoran Pada Skripsi Word 2007, Semoga bermanfaat. Baca juga Cara penomoran halaman pertama dibawah dan halaman berikutnya diatas.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?