Sharing Printer merupakan penggunaan sebuah printer yang dapat digunakan oleh beberapa komputer bersama-sama dalam satu jaringan LAN atau Wifi. Share Printer sekarang sudah banyak dilakukan oleh kantor-kantor, Bank, Sekolah-sekolah, Rental Komputer maupun warnet, selain menghemat jumlah printer juga dapat menghemat ruangan, Anda bisa bayangkan jika ada sepuluh komputer dalam satu ruangan dan setiap komputer memiliki printer masing-masing, tentu akan memakan banyak tempat. Dengan sharing printer ini Akan banyak menghemat printer dan ruangan Anda juga tidak terlalu sumpek dengan printer. Apalagi sekarang ini hampir semua karyawan kantoran memiliki laptop masing-masing yang ingin menghubungkan laptopnya ke printer, dengan menggunakan Cara Sharing printer melalui lan atau wifi ini akan banyak menghemat ruang dan waktu karyawan.

Untuk bisa share printer setidaknya dibutuhkan dua komputer yang terhubung dengan sebuah jaringan LAN yang sama, satu komputer terhubung langsung dengan printer (Komputer Master) dan satu komputer lagi yang tidak ada printernya (Komputer Cliens). Secara umum Ada 3 Tahap proses yang harus dilakukan untuk bisa share printer:
  1. Pengaturan pada Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens)
  2. Pengaturan pada Komputer Master
  3. Pengaturan pada Komputer Cliens
Note: Pada artikel ini, saya menggunakan Windows XP sebagai contoh, namun Anda tetap bisa mencapai hasil yang sama dengan menggunakan Windows Vista atau windows 7, tapi navigasi terminologi dan menu mungkin sedikit berbeda.

Mari kita uraikan satu persatu:

1. Pengaturan pada Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens)

Sebelum kita mulai sharing printer, terlebih dahulu Anda sudah mengetahui cara print dan install driver printer di komputer Anda. Kemudian beberapa komputer sudah terhubung dengan jaringa LAN atau Wifi dengan sebuah workgroup yang sama, jika komputer tersebut belum terhubung silahkan ubah terlebih dahulu Workgroup pada komputer Anda dengan nama yang sama, pada contoh kali ini kami membuat nama workgroup dengan nama "WORKGROUP". Untuk mengubahnya ikuti panduan berikut:

  • Buka Control Panel melalu Start => Control Panel lalu temukan dan buka System
Sharing Printer
Gambar 1. System Properties
  • Pilih Tab Computer Name, lihat apakah workgroup tersebut sudah sama dengan nama workgroup yang anda inginkan. Jika belum ubah workgorup tersebut dengan klik Change.
Sharing Printer setting workgroup
Gambar 2. Membuat nama komputer dan workgroup
  • Lalu ubahlah workgroup dengan nama yang Anda inginkan dan harus sama dengan nama workgroup pada komputer yang lain yang ingin Anda share printer, lalu klik OK.

2. Pengaturan pada Komputer Master

Pada Komputer yang terhubung langsung dengan Printer yang ingin Anda Share haruslah mengatur settingan printer sebagai berikut:
  • Buka kembali Control Panel melalui Start kemudian pilih dan buka Printer and Faxes, pada windows Printer And Faxes tersebut Akan terlihat printer yang sudah ready dan terhubung dengan komputer sekarang ini, klik kanan printer yang Anda ingin share lalu klik Sharing... (contoh kami menggunakan printer brother)
Membuka Sharing Printer Properties
Gambar 3. Membuka Sharing Printer Properties
  •  Lalu akan terbuka Tab Sharing Properties seperti di bawah ini. Silahkan pilih Share this printer, Beri nama sesuka Anda atau biarkan dengan nama yang sudah ada kemudian klik OK. Jika ada permintaan CD Windows, atau konfirmasi dari printer sharing, pilih “Just Enable File and Printer Sharing” dan Klik OK.
Sharing Printer Properties
Gambar 4. Nama Printer pada Sharing Printing


3. Pengaturan pada Komputer Cliens

Setelah pengaturan pada tahap kedua selesai (jangan kebalik urutannya harus 1, 2 dan 3) maka terakhir kita Tambahkan printer yang telah di-sharing tadi pada komputer cliens:
  • Buka Control Panel melalu Start => Control Panel lalu pilih Printer and Faxes,  Pada tab di sebelah kiri pilih Add a Printer. Seperti gambar dibawah ini:
Add Sharing Printer
Gambar 5. Menambahkan Printer Sharing


  • Maka akan terbuka Add Printer Wizard, Klik Next >
printer sharing windows
Gambar 7. Tampilan awal Add Printer Wizard

  • Kemudian Pada Local or Network printer pilih  A network printer, or a printer altachead to another computer lalu klik Next >
printer sharing in windows 7
Gambar 8. Pilih A network printer
  • Kemudian pilih Browse for printer lalu klik Next >, maka komputer Anda akan mencari printer yang tadinya sudah kita share. Untuk proses cepatnya Anda bisa pilih yang kedua yaitu Connect to this printer dengan mengetikkah Nama printer master dan nama printer yang dishare tadi dengan format "\\server\printer" atau jika menggunakan contoh dari kami yang menggunakan printer brother maka "\\Operator\BrotherD" (lihat gambar 1 untuk nama komputer, dan gambar 4 untuk nama printer)
wifi printer sharing
Gambar 9. Pilih Browser for a printer atau Connet to this printer

  • Terakhir akan muncul info untuk mengkonfirmasi apakah Share Printer Jaringan ini akan dijadikan Printer Deafult, Anda bisa pilih tidak dengan menekan tombol No atau Pilih sesuai kebutuhan. Kami menyarankan Anda tidak memilih Yes karena setiap Anda print nanti akan ngeprint otomatis ke printer server, bagi pemula akan bingung karena yang diprint tidak keluar-keluar padahal sudah terprint di printer master. 

Poskan Komentar

  1. terima kasih atas informasinya,jangan lupa mampir di http://www.motogp.unsri.ac.id

    BalasHapus
  2. Gan, bagaimana kalo ngeshare printer beda jaringan? misalnya pc1 koneksi internetnya pake speedy, pc2 pake jaringan hotspot. Saya butuh informasinya. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting sama dalam satu jaringan workgroup tetap bisa gan...

      Hapus
  3. Gan mohon bantuan nih, dua komputer sudah terkoneksi LAN, ane sudah share printer tapi ngak bisa terdetek di koputer 1 tp klo komputer 2 bisa. settingan IP addres udah ane cek tetep ngak mau. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang perlu diperhatikan adalah workgorup jaringan harus sama dan GateDeafult IPnya harus sama pada tiap komputer

      Hapus
    2. maksudnya deafult gateway.. :)

      Hapus
  4. ga saya mau nanya kan saya baru selesai instal printer dan driver ny juga uda di instal trus uda di sahering tapi anehnya setelah saya mengecek di printer and faxes di komputer client tidak ada printer yang baru saya instal dan sharing mungkin masih ada proses yang belum selesai tolong kasi tau apa lagi yang harus aku lakukan supaya printer yang baru saya instal dan sharing bisa digunakan di komputer client ?

    BalasHapus
  5. Makasih Gan Infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. mas bagaimana jika sebelumnya printer sudah bisa di share saat komputer induk tidak menggunakan password, tapi saat komputer induknya disetting password, sharing printer gagal, bagaimana biar sharing tetap bisa berjalan saat komputer induk menggunakan password?

    BalasHapus
  7. siipp...jadi ndk harus cabut pasang usb printer, untk gntian ngeprint....he he mkcih broooow...

    BalasHapus
  8. gan,,,kalau seandainya,,,komputer masterya tidak kita hidupkan,,,apakah masih bisa nge print melalui komputer client nya,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa gan, karena proses ngeprint sebenarnya dilakukan oleh komputer master hanya saja melalui komputer clien. jadi kalau komputer master tempat printernya nempel dimatikan otomatis printernya gak bisa digunakan.

      Hapus
  9. Gan,,,saya mau nanya
    kalau komputer masternya/server nya itu tidak kita hidupkan,,apakah masih bisa kita nge print dari komputer client nya,,
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Gan,,lo misalnya koputer master menggunaan windows xp dan komputer client menggunakan linux...tu ttp bs d sharing gk printernya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah coba gan, tapi sepertinya tetap bisa asalkan masih dalam satu jaringan LAN atau wearless LAN dengan alamat IP Gateway yang sama

      Hapus
  11. kalau pakai wifi sama atau beda dengan yang pakai lan cara settingnya ya gan ??

    BalasHapus
  12. Salam,
    Slmt siang Mas/Pak, Saya mau tanya, saya sudah coba cara seperti yg Bpk tulis, tapi pd saat masuk Window Printer and Faxes saya klik kanan tidak ada table Sharing-nya seperti gambar di atas, kenapa ya? Mohon pencerehannya, Terima kasih

    BalasHapus
  13. kalo di komputer lain muncul file needed itu gmn ya cara penyelesainnya?

    BalasHapus

 
Top