Cara Mendapatkan Harga Tiket Pesawat Murah

Harga Tiket Pesawat selalu naik turun sesuai dengan hukum permintaan-penawaran, semakin banyak permintaan akan tiket pesawat maka harga tiket pesawat menjadi naik, namun semakin sedikit permintaan tiket pesawat maka maskapai akan menawarkan harga tiket pesawat yang lebih murah sehingga harga tiket  juga menjadi turun. Beda dengan harga tiket kereta Api, kapal laut atau bus penumpang, mereka mempunyai tarif yang tetap sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah dan tidak bisa dirubah-rubah kecuali pada hari-hari tertentu seperti saat mudik lebaran dengan sedikit menaikkan harga tiket tembahan (tuslah/toeslag). 

Memang sedikit kedengaran Aneh jika Anda pertama kali terbang dengan membayar 1,5 juta rupiah yang mana didalam pesawat yang sama disebelah Anda duduk orang lain ada yang mendapat harga tiket pesawat murah yaitu hanya 500 ribu rupiah. padahal fasilitas dan pelayanan yang Anda terima sama dengan orang lain, mengapa bisa dalam satu pesawat harga tiket pesawat berbeda-beda pada masing-masing orang? apalagi perbedaan tidak sekedear 10% atau 20% dari tarif normalnya namun bisa menjadi 100% - 500% dari harga termurah. Luar biasa bukan?

Sebelum kami uraikan lebih detail mengapa harga tiket pesawat tersebut bisa berbeda-beda terlebih dahulu saya mau cerita pengalaman kami saat naik pesawat lion dari jakarta ke banda aceh bersama anak dan istri. Karena kami sudah mengetahui rahasia mendapat tiket murah garuda airways, lion air, sriwijaya maka kali itu kami mendapat tiket murah lion air dari Jakarta ke Banda Aceh hanya 550 ribu rupiah per orang, dua orang dewasa (saya dan istri) dan satu bayi (anak saya). Tiket bayi yang berumur dibawah 2 tahun biasanya harga tiketnya berbeda dengan dewasa, cukup kena cas 150 ribu, karena bayi tidak mendapat kursi (dipangku ibunya/pembawanya).
Tiket Pesawa untuk anak dibawah 2 tahun
Gambar: Nafis Autada Lukman duduk di kursi Bisnis LionAir
Kami mendapat harga tiket pesawat lion yang murah karena setiap saat kami cek harga murah mulai 1 bulan sebelum berangkat sehingga kami mendapat tiket promo yang saat itu hanya sekitar 550 ribu per orang. yang hebatnya disaat hari keberangkatan kami tidak tahu ternyata seat full saat cek in di konter cek in bandara Sukarno Hatta, mungkin sistem lion saat itu lagi ada masalah (kami tidak tahu) yang pada akhirnya kami diberi kursi bisnis yang seharusnya di jual diatas 3 jutaan, namun kami bisa menikmati duduk di kursi merah lion air hanya dengan 550 ribu, ini memang hanya sebuah kebetulan namun sangat berkesan saat itu.


Kembali lagi ke pembahasan harga tiket pesawat yang bisa naik turun semaunya ini karena pemerintah memberikan aturan yang sedikit longgar kepada maskapai penerbangan untuk menentukan sendiri harga tiket pesawat mereka. Sehingga harga tiket pesawat bisa menjadi sangat mahal disaat peak season

Pada umumnya harga tiket pesawat pada setiap maskapai penerbangan mempunyai sistem penjualan yang sama, setiap maskapai selalu menyediakan harga tiket pesawat promo pada setiap penerbangannya, hanya saja kuota tiket promo terbatas sekitar 10% saja dari jumlah tiket pesawat yang dijual. Untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang hanya berjumlah 10% tersebut Anda bisa mengikuti petunjuk kami berikut ini:
  1. Pesanlah tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan misalnya 6 bulan, 3 bulan, 1 bulan, atau dua minggu sebelum keberangkatan, tergantung maskapai masing-masing. Untuk lion air biasanya sudah mulai membuka harga tiket pesawat promo sejak dua minggu sebelum keberangkatan namun disaat musim liburan (peak season) Anda harus lebih proaktif mencari tiket pesawat lion yaitu mulailah 1 bulan sebelum jadwal keberangkatan Anda.
  2. Pesan tiket di malam hari atau dini hari, manfaatkan online booking atau call center maskapai penerbangan masing-masing pesawat, biasanya harga tiket pesawat akan turun kembali dimalam hari saat ada tiket dibatalkan sistem karena melewati time limit pembayarannya.
  3. Daftarkan diri Anda menjadi anggota pada website maskapai penerbangan tertentu, silahkan daftar gratis. Biasanya setiap ada penawaran harga tiket pesawat murah atau tiket promo Anda akan diberitahu melalui email.
  4. Menjadi Member Autada, silahkan masukkan email Anda pada form berlangganan email dibawah artikel ini, dan dapatkan setiap update informasi harga tiket pesawat dari kami.

Harga tiket pesawat murah kadang kala mudah didapatkan kadang sangat sulit tergantung seberapa rajin kita mencari informasi tentang harga tiket pesawat.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?