Cara Ngeprint Dari Halaman Terakhir  -  Ngeprint atau Print merupakan proses mencetak dokumen atau gambar melalui komputer yang terhubung ke printer. Proses ngeprint ini sering kali kita membutuhkan ngeprint dari halaman belakang untuk mempermudah pengaturan atau mengurutkan halaman tanpa harus kita urutkan secara manual. 

Cara mengatur printer agar bisa mencetak otomatis dengan mengurutkan halaman secara teratur sangatlah mudah, cukup mengatur properties dari printer yang Anda gunakan. Untuk mengatur printer Tersebut silahkan buka folder Printers and Faxes dari Menu Start pada Komputer Anda.
Gambar 1. Membuka menu Printer and Faxes

Klik Kanan Printer yang Anda Gunakan lalu pilih Printing Preferences, maka akan terbuka windows Properties Printer tersebut.

Gambar 2. Pilih Jenis Printer lalu klik Kanan => Printing Preference

Tampilan Properties berbeda pada masing-masing printer:
  • untuk printer Brother, agar bisa mencetak dari halaman belakan pilih Reserve Order pada tab Basic lalu klik OK. (lihat Gambar 3.)
  • pada printer Canon, untuk membuat printer Anda mencetak dari halaman terakhir, pada Tab Page Setup silahkan pilih Print from Last Page, lalu klik OK. (lihat Gambar 4.)
  • pada printer Epson hampir sama dengan printer brother silahkan cari dan pilih Reserve Order lalu klik OK. (lihat Gambar 5.)
  • kemudian ngeprintlah seperti cara print biasa.
printing preference pada printer brother
Gambar 3. printing preference pada printer brother
printing preference pada printer Canon
Gambar 4. Properties Printing pada printer Canon
Properties Printing pada printer Epson
Gambar 5. Properties Printing pada printer Epson
Cara Gampang untuk ngeprint dari halaman terakhir (tanpa harus mengubah properties printing diatas) adalah dengan mengisi Pages pada windows print dengan urutan print terbalik, misalnya jika dokumen Anda ingin ngeprint halaman 1 sampai dengan 10 maka agar tercetak dari halaman terakhir ketikkanlah di kotak tersebut "10 - 1" lalu klik OK.

Demikianlah Cara Ngeprint Dari Halaman Terakhir atau halaman belakang, semoga bermanfaat.

Poskan Komentar

  1. :) thanks brother sangat bermanfaat buat ane yg baru belajar mengoperasikan mesin Printer

    BalasHapus
  2. terimakasih brother infonya sangat bermanfaat buat ane yg baru belajar mengoperasikan mesin printer :)

    BalasHapus

 
Top