Cara Membuat .com yang Profesional di Blogger

Cara Membuat .com atau domain yang berakhiran .com di blogger belakangan ini menjadi semakin rumit karena blogger mengharuskan kepada pengguna blogger untuk memverifikasi domainnya dengan settingan di A Record dan CNAME pada Manage domain. Jika Anda pertama kali membuat blog .com tentu sangat sulit untuk memahami A Record dan manage domain, namun kami akan mencoba menjelaskan tahap demi tahab bagaimana membuat blog Anda menjadi blog yang profesional yang berakhiran .com atau .net atau dot yang lainnya.

Untuk memulai membuat blog dot com terlebih dahulu Anda buat blog di blogger, Anda bisa juga membuat blog di wordpress ataupun di hosting berbayar lainnya. Namun kali ini kami akan menjelaskan khusus cara membuat blog .com di blogger saja. Silahkan baca artikel kami tentang cara-cara membuat blog terbaru diblogger gratis, jika sudah selesai, maka dilanjutkan dengan tahapan berikut ini:

1. Silahkan login ke blogger dengan melalui akun blogger Anda.
2. Pilih blog yang ingin anda buat .com
3. Pilih settingan => Dasar => Tambahkan domain Khusus
cara membuat com
Cara Membuat .com pada blogger

4.  Kita tidak akan membeli domain melalui google, meskipun Anda bisa melakukannya, namun kali ini kami uraikan jika kita telam mempunyai domain, maka Klik “Alihkan ke setelah lanjutan”

cara membuat com 2
Gratis!: Anda bisa mendapatkan domain dengan ekstensi .asia (dot asia) gratis selama setahun dari website penyedia domain dan hosting milik Australia (crazydomains.com.au), Anda bisa manfaatkan domain tersebut sebagai latihan.

5. Masukkan nama domain Anda dengan diawali dengan www dan diakhiri dengan .com contohnya www.membuat.com lalu klik Simpan.

cara membuat com 3
6. Setelah anda klik Simpan maka akan muncul pesan bahwa ada kesalahan, jangan panik, itu bukan sebuah kesalahan namun google ingin agar kita memverifikasi domain kita.

kesalahan membuat com

Atau jika Anda menggunakan domain gratis .asia maka terlihat seperti gambar dibawah ini:

Untuk dapat memverifikasi blog Anda direk ke domain .com maka Anda harus memasukkan kode verifikasi yang muncul pada tahap ke-6 ini ke CNAME pada settingan domain Anda.
Anda bisa meminta bantuan dari Support online ditempat Anda membeli domain .com untuk di settingakan pada manage domain tersebut, cukup Anda berikan kode diatas kepada mereka.

7. Untuk settingan yang perlu diketahui di manage domain Anda adalah membuat settingan A Record dan CNAME.


7a. Untuk A Record:
Pada IP Adress settingan A Record silahkan masukkan empat buah IP berikut secara berturut-turut:
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Pada Host name dikosongkan saja, atau cukup nama domain tanpa www diawal domain.
Settingan A Record
7b.Untuk CNAME:
Pada settingan CNAME harus sesuai dengan kode yang muncul pada tahap 5 diatas, yaitu: 
Host Name
Value
www ghs.google.com
crsvr5tr7xt3 gv-tsnv3izf5g77tu5obeia.domainverify.googlehosted.com
(sesuai dengan kode yang muncul)
kode unik diatas selalu berbeda pada setiap blog yang kita buat.
settingan pada cname
Manage DNS pada idwebhost


Ringkasan manage DNS pada http://freedns.afraid.org untuk domain .asia dari crazydomains.com.au

8. Proses selanjutnya adalah dengan menunggu proses resolve sekitar 24 jam, setelah 24 jam kemudian Anda bisa ulangi tahap ke-6 diatas dengan menekan tombol  Simpan.
settingan membuat com simpan
Demikianlah Cara Membuat .com yang profesional di Blogger, semoga bermanfaat.

Note: Jika Anda membutuhkan sebuah website pribadi yang profesional, kami bisa bantu buatkan dengan harga sangat terjangkau, setelah kami buat website yang bagus, kami akan ajarkan cara-cara membuat website tersebut banyak dikunjungi setiap hari.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?