Inilah dia Doa Setelah Shalat

Doa setelah shalat – Assalamu alaikum wr. Wb. Disini kami akan menjelaskan sedikit ulasan mengenai doa setelah shalat baik itu sholat fardhu maupun sholat sunnat. Shalat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan oleh setiap umat muslim yang beragama Islam. Shalat adalah tiang agama yang mana pelaksanaannya sangat penting jika di bandingkan dengan ibadah-ibadah lain. 

Inilah dia Doa Setelah Shalat

Akhir-akhir ini banyak sekali kita perhatikan bahwa banyak orang yang telah melalaikannya dengan kesibukan sendiri yang tiada habis-habisnya. Oleh karena itu mulailah sekarang ini untuk memikirkan atau merenungkan kembali apakah kesibukan itu akan berarti untuk akhirat nanti atau akan sebaliknya akan membawamu kepada kemurkaan Allah swt.



Setelah pelaksanaan shalat tentunya diiringi dengan membaca doa setelah sholat yang mana doa tersebut kita minta kepada Allah baik untuk diri kita sendiri, untuk keluarga maupun untuk kepada kedua orang tua. 

Doa setelah sholat perlu di terapkan dimulai dari sekarang dan jika di biasakan maka dalam pelaksanaannya akan lebih mudah dan ringan. Jika anda merupakan salah seorang pengajar ilmu agama islam, Doa setelah sholat bisa anda ajarkan kepada anak didik anda sebagai pedomanuntuknya jika dia besar kelak. Mari kita baca sama-sama doa setelah sholat di bawah ini dengan seksama.

Apabila sholat telah selesai dilakukan, inilah doa yang harus di baca terlebih dahulu, diantaranya:

1. Membaca istigfar sebanyak 3 x

2. Membaca dzikir

3. Membaca tasbih seperti Subhanallah, Allahuakbar (Allah Maha Besar), dan Alhamdulillah (Segala Puji bagi Allah) serta La ilaha illallah (Tiada Tuhan yang di sembah kecuali Allah).

4. Membaca lafadz Doa setelah sholat, seperti di bawah ini:

Bismillahirrahmanirrahiim..

Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin Hamdayyu waafiini 'amahuu wa yukaafi'u Maziidah. Yaa rabbanaa lakalhamdu wa lakasy syukru ka-maa yam baghiilijalaali wajhika wa 'azhiimisul-thaanik.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagimu-lah segala puji dan bagi-Mu-lah segala syukur sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.”


Allaahumma shalli Wasallim 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa 'alaa aalihi sayyidinaa Muhammad. Shalaatan tun ajihnaa bíhaa minjamii'il ahwaali wal aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa jamii 'al haajaat. Wa tuthahhirunaa bihaa min jamii'is sayyi'aat.. W atarfa ' una bihaa 'indaka a'laddarajaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshal ghaayaati min jamii'il khairaatifil hayaatiwa ba'dal mamaat. Innaka ‘ala kulli syai in qadiir.

Artinya: “Ya Allah.. Limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami nabi muhammad, dan keluarganya,, yaitu rahmat yang menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami,, yang dapat men-sucikan diri kami dari segala keburukan,, yang dapat mengangkat derajat kami tertinggi di sisi-mu, dan yang dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan,, baik semasa hidup maupun sesudah mati kelak. Sesungguhnya Engkau lah berkuasa atas segala sesuatu.”


Allaahumma innaa nas'aluka salaamatan fiddiin... waddun-yaa wal aakhirah. Wa 'aafiya-tan fil jasadi wa shihhatan fil badani wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barakatan fir rizqi wa taubatan qablal maut wa rahm atan 'indalmaut wa maghfiratan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakaraatil mauti wan najaata minan naari wal 'afwa 'indal hisaab.

Artinya: “ Ya Allah... Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kesejahteraan dalam Agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezqi, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Ya Allah.. Mudahlah kami dalam menghadapi sakratul maut, (berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan ketika dilaksanakan hisab.”


Rabbanagh firlanaa dzunuu banaa wa liwaa-lidiinaa walimasyaayikhinaa.. wa limu'alli-mienaa... wa liman lahuu haqqun' alainaa.. wa liman ahabba wa ahsana ilainaa wa likaaffatil mus limun a ajma'iin.
Artinya: “Ya Tuhan kami.. Ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam.”


Rabbana taqabbal minna Innaka antas samii'ul 'aliim.. Wa tub 'alainaa innaka antat ta wwa abur rahiim.. rabbana aatina fiddunya Haasanah Wafil akhirati hasanatawaqina ‘adhabannar.
Artinya: “Ya Tuhan kami.. Perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha mendengar lagi Maha mengetahui. Dan terimalah taubat kami,, sesungguhnya Engkau Maha menerima Taubat lagi Maha Penyayang.. Ya Tuhan kami.. Berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.”


Washallallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadiwa'alaa aalihi Wa shahbihii wa sallam, wal hamdu lillaahirabbil... Alfatihah..

Artinya: “Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, Keluarga dan sahabat-Nya, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

5. Membaca Surat Al-fatihah
6. Berselawat atas nabi Saw.


Allahumma shalli ‘ala saiyidina Muhammmad wa ‘ala alisaiyidina Muhammad.

(“Ya Allah.. Limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami nabi muhammad, dan keluarganya.”).

Demikianlah Doa setelah shalat yang akan anda pelajari selengkap-lengkapnya dalam keseharian anda. Semoga dengan mempelajari doa setelah sholat ini anda bisa memimpin dalam hal membaca doa setelah sholat ini. 

Dalam Islam dijelaskan bahwa doa dapat mengubah takdir, maka sering-seringlah berdoa karena Allah tidak akan pernah bosan mendengar doa-doa yang kamu sampaikan kepadanya. Mulailah sekarang dengan penuh introspeksi diri kejalan yang lebih baik dengan mendekatkan diri kepada Allah swt. Doa setelah sholat- semoga bemanfaat.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?