Cara Simple Menggunakan Spreadsheet Google

Spreadsheet Google atau lembaran kerja yang memiliki kolom dan baris yang digunakan untuk mengolah data secara online. Spreadsheet Google bisa digunakan secara bersama-sama meskipun masing-masing berjauhan satu sama lain. 

Pada Artikel terdahulu Autada pernah mengulas tentang laporan online dengan menggunakan google doc dimana program ms.office bisa dihubungkan langsung dengan google doc yang bisa di ubah secara online, namun dengan berkembangnya google doc yang kini digabungkan dengan google drive maka pekerjaan pengolahan data bisa lebih mudah di akses dengan spreadsheet google.

Cara Simple Menggunakan Spreadsheet Google

Cara Simple Menggunakan Spreadsheet Google


Pada dasarnya spreadsheet google hampir sama dengan program ms.excel, bedanya hanya spreadsheet google ini bisa digunakan secara online dan terhubung secara live dengan siapapun dan dimanapun yang ingin kita share bersama-sama.

Google spreadsheet terletak pada google drive yang bisa Anda buka dengan login ke gmail Anda lalu buka link: http://drive.google.com setelah terbuka maka klik Create lalu pilih Spreadsheet, maka akan terbuka tab baru yang berisikan spreasheet kolom dan baris seperti ms.excel.

Anda bisa juga mengimport data excel Anda yang sudah ada ke google spreadsheet dengan mengklik logo upload (lihat gambar dibawah)
File excel yang baru Anda upload tidak bisa langssung di edit seperti menggunakan google spreadsheet, untuk itu perlu Anda buka dengan memilih dibuka dengan google spreadsheet, cukup klik kanan file yang baru di upload lalu klik Open with > Google Sheet. seperti gambar dibawah ini:

Rumus-rumus pada spreadsheet google yang digunakan juga sangat simple yaitu sama dengan yang digunakan pada rumus ms.excel seperti filter data pada excel, mencari nilai rata-rata pada excel dan lain sebagainya. Bahkan visual basic pada ms.excel juga bisa diterapkan pada spreadsheet google dengan memanfaatkan dukungan scrip bisa di rubah sesuai keinginan.

Ada sedikit perbedaan jika kita ingin mengambil data cell dari file yang berbeda, kami sempat lama searching cara melakukan hal tersebut dan akhirnya kami menemukannya yaitu:
dengan menggunakan url key yang berbeda pada setiap file spreadseet google sebagai contoh:
Jika saya ingin mengambil data dari file Laporan Autada Satu maka saya harus tau dulu url key dari file tersebut:

Autada Satu linknya: https://docs.google.com/spreadsheet/ccc?key=0AmIQ3hrBWTO3dEp5cHBkMW4zVGdqSWNVajBid2hIMFt#gid=4

Maka url key-nya adalah  0AmIQ3hrBWTO3dEp5cHBkMW4zVGdqSWNVajBid2hIMFt
kemudian gunakan rumus: =importRange("url-key";"nama sheet!f28")

Jadi rumus yang digunakan adalah:
=importRange("0AmIQ3hrBWTO3dEp5cHBkMW4zVGdqSWNVajBid2hIMFt";"Summary mei-des'13!f28")

Maka data yang ada di file Laporan Autada Satu pada sheet "Summary mei-des'13" cell F28 akan ter-import atau terlihat di cell file yang lain yang kita masukkan rumus tersebut.

Demikianlah sedikit artikel Cara Simple Menggunakan Spreadsheet Google, semoga bermanfaat

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?