Cara Print Bolak-Balik Printer Canon | Duplex Print - Sebelumnya telah kami uraikan bagaimana cara print dokument atau foto dengan printer canon, namun jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut cara print bolak-balik atau print dupleks, silahkan baca terus tutorial Cara print duplex berikut ini.

Duplex print sering digunakan untuk ngeprint ebook atau bahan bacaan agar menghemat kertas, Anda bisa menghemat kertas hingga 50% dengan menggunakan duplex print ini, selain menghemat kertas, hasil print Anda juga lebih tipis dibanding jika Anda print biasa, bayangkan jika Anda harus ngeprin 1000 halaman? seberapa tebal dan beratnya buku yang Anda print tersebut, dengan print duplex ini Anda dapat menghemat kertas dan mengemat ruang. Untuk melakukan print bolak-balik ini haruslah mempunyai trik tersendiri agar halaman satu dengan yang lain saling terkait. Pengalaman Autada yang sering kali ngeprint ebook yang berjumlah rata-rata 1500 halaman membuat kami cukup mahir dalam ngeprint bolak-balik ini.

  • Untuk print duplex printer canon terlebih dahulu Anda buka file Anda lalu buka windows print dengan menekan Ctrl+P pada keyboard lalu pilih type printer Anda dan klik Properties.

  • Pada Windows Properties Pilih Tab Page Setup, lalu contreng Duplex Printing kemudian klik OK lalu print-lah seperti biasa.
  • Setelah dokument Anda diprint setengah dari total halaman yang diprint maka akan keluar perintah untuk memasukkan kembali kertas yang sudah diprint barusan kedalam printer dengan posisi kertas yang kosong di bagian depan. Seperti gambar dibawah ini, setelah kertas tersebut dimasukkan dengan posisi yang benar dan rapi lalu tekan tombol OK. Printer Akan melanjutkan ngeprint bagian kertas yang masih kosong.
Cara lain untuk ngeprint bolak-balik yaitu dengan ngeprint halaman ganjil terlebih dahulu, kemudian print halaman yang genap di belakangnya. Caranya adalah: pada windows print bagian bawah pilih Odd Pages (halaman Ganjil) terlebih dahulu lalu klik OK, setelah semua halaman Ganjil terprint silahkan masukkan kembali kertas tersebut dengan posisi terbalik lalu print dengan memilih Even Pages (halaman genap).
 TIPS: Saat ngeprint dokumen yang banyak, sebaiknya print-lah secara bertahap misalnya 20 lembar sekali print untuk menghidari kesalahan print. Walaupun terjadi kesalahan maka Anda tidak harus salah keseluruhan halaman.
Demikianlah Cara Print Bolak-Balik Printer Canon, semoga bermanfaat.

Poskan Komentar

  1. dari semua article....ni yang pling lengkap dan jelas,,,,,,thanks

    BalasHapus
  2. wah ini yang dicari dari tadi. langsung tkp....

    BalasHapus

 
Top