Cara Mengetik Teks Rapi Dan Rata Di Word

Mengetik teks memang lebih bagus dengan menggunakan word, selain banyak pilihan menu, dengan mengetik di word text bisa lebih rapi dan rata asal tau caranya. Berikut beberapa cara membuat agar mengetik teks jadi rapi dan rata di word:

1. Teks rata kiri dan kanan.
Word 2003, word 2007 maupun word 2010 sama-sama memiliki keunggulan sebagai membuat text bisa lebih rapi dan rata dengan menggunakan ikon justify.
Selain mengklik tombol ikon justify seperti gambar tersebut diatas Anda juga bisa menggunakan keyboard saja dengan menekan tombol Ctrl + J (tombol Ctrl dan huruf J secara bersamaan), namun terlebih dahulu blok dulu semua text yang ingin di rapikan dengan rata kiri dan kanan.

2. Membedakan jarak/spasi antara kalimat dan alinea
Agar terlihat rapi buatlah perbedaan jarak/spasi dengan alinea/pararaf, block/select/pilih teks yang ingin dirapikan lalu klik kanan, pilih paragraph
Aturlah spacing before atau after untuk memberikan jarak antara paragraph yang satu dengan paragraph yang lainnya. Namun cara mengatur spasi di word 2007 biasanya disesuaikan dengan aturan penulisan yang anda lakukan, jika Anda mengetik skripsi maka line spasi 2 (Ctrl+2), namun jika surat atau proposal biasanya spasi 1,5 (Ctrl+5). Namun jika Anda ingin mengeprint untuk menghemat kertas/halaman silahkan pilih spasi satu (Ctrl+1) agar tulisan lebih rapat dan padat.

3. Membuat huruf besar di awal alinea
Cara paling cepat membuat hurus besar baik keseluruhan teks maupun huruf awal kalimat saja yaitu dengan menekan shift+F3 di keyboard, namun block dulu teks yang hendak di ubah hurufnya, tekan secara bersamaan, jika ditekan sekali maka akan berubah hanya huruf depan saja, jika dua kali akan berubah huruf depan setiap kata menjadi huruf besar/kapital, jika dipencet 3x maka akan berubah semua menjadi huruf kapital, begitu seterusnya bolak-balik, bisa Anda coba-coba sendiri.

4. Mengatur Margin dan ukuran kertas.
Agar hasil print nanti menjadi rapi maka perlu kita mengatur margin dan ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan kita. buka windows page setup, untuk word 2007 cara membuka page setup seperti gambar dibawah ini:
Silahkan atur margin untuk skirpsi sebagai berikut: Margin Top=4; Margin Left=4; Margin Bottom=3; Margin Right=2,5 (dalam cm).

Demikianlah cara mengetik teks Rapi dan Rata di Word, semoga bermanfaat

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?