Cara Mudah Mencari Nilai Rata-rata Dengan Excel - Rumus excel mempermudah pekerjaan menghitung kita, seperti penjumlahan, perkalian, pembagian, mencari nilai rata-rata bahkan sampai pada tingkat perhitungan paling rumit. Dengan menggunakan excel memungkinkan kita mengolah jutaan data hanya dalah hitungan detik.

Kali ini Autada ingin berbagi tips mencari nilai rata-rata dengan excel. Mencari nilai rata-rata merupakan perhitungan matematika yang sangat simple, hanya menjumlahkan beberapa angka kemudian membaginya dengan jumlah Angka tersebut. Misalnya nilai mencari nilai rata-rata raport dimana masing masing pelajaran mempunyai nilai 7, 8, 9, 6, 7, 7, 8,8,9 jika dijumlahkan maka semua berjumlah 69 dari 9 angka maka untuk mendapatkan nilai rata-rata raport tersebut adalah dengan membaginya 69 : 9 = 7,66. Mudah bukan?

Namun bagaimana jika Anda ditugaskan bukan untuk mencari nilai rata-rata raport namun mencari nilai rata-rata ribuan Angka yang mana jika Anda menggunakan kalkulator kemungkinan salah pencet sangat besar, jika salah satu angka saja Anda terpaksa mulai lagi dari awal. Solusinya adalah mencari nilai rata-rata dengan excel.

Rumus Excel untuk mencari nilai rata-rata adalah =AVERAGE( ) dengan memasukkan Angka kedalam kurung average tersebut (dipisahkan dengan tanda ; "titik koma" )maka Anda dapat menemukan rata-rata nilai tersebut.
Untuk mempercepat perhitungan Anda bisa membuat data terlebih dahulu satu nilai per cell-nya kemudian menghitung average dengan memblock nilai dari atas hingga bawah, atau dari kiri ke kanan, maka akan terlihat seperti ini:

Rumus diatas terlihat menjadi =AVERAGAE(C2:10), namun jumlahnya tetap sama 7,66. Untuk memblock dari ujung ke ujung (atas-bawah/kiri-kanan) cukup masukkan nomor cell paling atas dan nomor cell paling bawah yang dibatasi dengan tanda : "titik dua".

Cara paling cepat dan mudah mencari nilai rata-rata adalah dengan memblock semua angka lalu menekan tombol AutoSum pada menu lalu pilih Average (lihat gambar)
cara cepat mencari nilai rata-rata
Gambar: cara cepat mencari nilai rata-rata
 

Demikianlah Cara Mudah Mencari Nilai Rata-rata Dengan Excel, semoga bermanfaat. Temukan juga artikel menarik lainnya tentang Rumus Excel yang paling umum digunakan.

Poskan Komentar

 
Top