10 Dosa Besar Menghambat Rezeki

Sahabat Autada yang setia, sudahkan Anda membaca artikel terdahulu tentang Cara Sukses dalam 40 Hari Ala Yusuf Mansyur? jika sudah, apakah sudah terlihat hasilnya atau malah Anda semakin bosan melakukan Riyadhah tersebut.

Banyak orang yang sudah berdoa siang malam namun doanya belum ter-kabul karena masih ada dosa yang tanpa ia sadari ternyata telah menghambat rezekinya sehingga doanya belum dikabulkan. Menurut Ust. Yusuf Mansur, ibarat genteng yang bocor disaat hujan lantai akan basah oleh tetesan air hujan, jika kita hanya mengepel lantai saja tanpa menutup kebocoran di atas genteng maka sudah bisa dipastikan lantai akan terus basah meskipun setiap saat Anda pel. Solusinya adalah tambal dulu kebocoran baru pel lantainya, maka yakin lah hanya dengan sekali pel saja lantai Anda tidak akan basah lagi.

Begitu juga dengan bermunajat kepada Allah, agar doa bisa di izabah terlebih dahulu lihatlah dalam diri kita apakah ada dosa besar yang pernah kita lakukan? apa sebenarnya 10 dosa besar menghambat rezeki tersebut? simak 10 dosa besar berikut:

  1. Menyekutukan Allah (Syirik)
  2. Meninggalkan Shalat
  3. Durhaka kepada kedua orang tua
  4. Melakukan Zina
  5. Rezeki yang Haram
  6. Mabuk (minum miras)
  7. Memutuskan silaturahmi
  8. Bersaksi Palsu (menuduh orang berzina)
  9. Kikir
  10. Menggunjing atau ngerupi (Ghibah) 

Supaya lebih jelas mari kita coba uraikan satu persatu dosa-dosa tersebut:

1. Menyekutukan Allah (Syirik)
Syirik bukan hanya secara terang-terangan menyekutukan Allah seperti menyembah pohon keramat, kuburan keramat atau pergi ke dukun, namun syirik juga bisa digolongkan kepada orang yang menggantungkan sesuatu kepada Selain Allah, seperti disaat kita Sakit menganggap dokter/obat yang kita minumlah yang menyembuhkan itu juga syirik, disaat kita mencari nafkah menggap dengan kita bekerja keraslah maka dapat rezeki. Syirik yang semacam ini sudah sangat banyak kita jumpai dikehidupan kita yaitu syirik didalam hati atau riya, sehingga perlu kita introspeksi diri bahwa semua yang terjadi bahkan kesanggupan kita mencari nafkahpun semua karena karunia Allah.

2. Meninggalkan Shalat
Sudah cukup jelas.

3. Durhaka kepada kedua orang tua
Sudah cukup jelas

4. Melakukan Zina
Banyak orang yang hajatnya lama sekali terkabul karena pernah melakukan Zina, bisa jadi dia sudah melupakan perisitiwa itu namun Allah tidak pernah lupa, 1 x berbuat zina maka tidak diterima amal ibadahnya selama 40 tahun. Namun Allah maha menerima Taubat, jika kita benar-benar tulus bertaubat (taubatan nasuha) maka sangat mudah bagi Allah untuk membuang segala dosa-dosa kita.

5. Rezeki yang Haram
Mungkin Anda pernah dengar ungkapan "cari rezeki yang haram saja susah apalagi yang halal", ungkapan itu mungkin sudah mendarah daging kepada sebagian saudara kita yang belum sadar akan bahayanya rezeki yang haram. Jika kita yakin bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki, buat apa kita repot-repot melakukan perbuatan yang dilarang-Nya?. Rezeki haram merupakan nilai minus dimata Allah, jika kita menghasilkan duit haram 2jt kemudian kita dapat dari yang halal 3jt maka jumlah duit kita jadinya bukan 5jt tapi sisa 1jt saja karena -2jt + 3jt = 1jt. Ada saja nanti cara Allah untuk mengambil kembali harta yang bukan hak kita, mungin bukan hari ini atau besok, bisa jadi 2 atau 10 tahun mendatang, disaat kita sudah  bertobat dan sadar karena sudah mulai sakit-sakitan.

6. Mabuk (minum miras)
Sudah cukup jelas

7. Memutuskan silaturahmi
Sudah cukup jelas

8. Bersaksi Palsu (menuduh orang berzina)
Sudah cukup jelas

9. Kikir / Pelit
Sudah cukup jelas

10. Menggunjing atau ngerumpi (Ghibah) 
Berghibah atau bergunjing sepertinya sudah mendarah daging pada masyarakat Indonesia, bahkan banyak siaran TV yang menggunjingkan orang lain, membuka aib orang lain dan paling fatalnya memfitnah orang lain. Selain merupakan dosa besar, Ghibah ini juga memiliki efek yang sangat buruk pada hubungan dengan sesama. Jika Ada kawan menceritakan keburukan teman lain kepada Anda biasanya Anda akan langsung menganggap teman yang diceritakan tersebut memiliki perangai buruk sehingga Anda akan langsung menjauhi bahkan memusuhinya, padahal berita itu belumlah tentu benar. Jadi cara terbaik saat mendengar keburukan orang lain adalah terlebih dahulu jangan percaya, lakukan konfirmasi kebenaran kepada orang terkait jika memang perlu di klarifikasi. atau abaikan saja jika tidak ada kaitannya dengan Anda atau tidak merugikan orang lain.

Allah Maha Penerima Taubat maka mari sungguh-sungguh bertobat (taubatan nasuha), jangan ulangi perbuat dosa tersebut, kunyah-lah selalu permen istigfar dan selalu shalat sunnah taubat, kemudian lanjutkan dengan riyadah 40 hari secara konsisten.
Tag : Islam
8 Komentar untuk "10 Dosa Besar Menghambat Rezeki"

Silahkan mas Banu Iskandar... terimakasih sudah menyebarluaskan artikel kami... :)

Trimakasih mas atas sofwernya semoga bermanfaat.syukran jazakallah khoiran.

Banyak juga orang yg menyekutukan allah
Tapi mereka kaya
gmn itu?
Tlng jwbn nya

Memutuskan silahturami it maksdnya bs diperjelas mas ?? Dan bgmn klu mislnya kelakuan orgtua kt tidak baik ap kah dosa jg klu kita menjauhi ny mas ?? Thx.

orang yang menyekutukan Allah dan menjadi kaya, itu hanya sementara mas.. seperti artikel tersebut dikatakan, suatu saat rejeki tersebut bisa diambil kembali kepada Allah..mengapa orang yang bersekutu kepada Allah bisa menjadi kaya?tapi kita liat nantinya...pasti akan sengsara bila tidak bertobat..orang-orang seperti itu nantinya akan menjadi pelajaran bagi kita semua....layaknya Firaun...yang sombong kaya raya namun? yah seperti itulah mas...

Soal durhaka pada orangtua saya belum jelas,masalahnya ada beberapa ortu yang dengan entengnya mengutuk anak..banyak ortu yang egois dan tak mau mendengar pendapat anak,kalau si anak meluruskann kesalahan ortu dianggap melawan dan membantah dan akhirnya dicap anak durhaka.
Bagaimana pendapat anda saudara2ku semua?

Saya setuju dengan pertanyaan anda

Back To Top